Programkan Hafal al-Quran!

Bagi sebagian orang menghafal al-Quran adalah pekerjaan yang sangat sulit. Melelahkan dan membosankan. Jika diberikan pilihan, bagi orang-orang seperti ini jalan kaki berkilo-kilo meter lebih baik ketimbang menghapal satu surat pendek al-Quran. Padahal Rasul telah menjanjikan membaca satu hurup al-Quran akan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Itu baru membaca, bagaimana kalau mnghafalnya? Kita tahu jika orang menghafal maka dia akan mengulang-ulang ayat atau surat yang dihafalnya. Mustahil orang bisa hafal satu ayat atau satu surat hanya dengan membaca sekali atau dua kali saja. Disinilah salah satu kelebihan orang menghafal al-Quran. Mendapat lipat ganda pahala membaca al-Quran karena terus dibaca, diingat berulang-ulang. Sejatinya menghafal al-Quran tak menjadi beban. tentu, jika amal mulia ini dijalani dengan kesungguhan hati, niatan ibadah dan taqarrub kepada Allah.

Menghafal al-Quran, meski tidak semudah yang diinginkan, sesungguhnya tidak sesulit yang dibayangkan. Buktinya, banyak anak dibawah umur mampu mengkhatamkan 30 juz hafalan qurannya. Bukti lain, saya pernah mengantarkan juara kedua lomba tahfidz al-Quran Internasional tahun 2006 di Mesir, namun anehnya beliau ini tak sedikit pun mengerti Bahasa Arab atau Bahasa Inggris. Sampai akhirnya sebelum Chek In pesawat untuk menuliskan identitasnya, saya dan teman-teman harus mententir apa saja yang harus diisikan dikartu tersebut. Barangkali, inilah diantara kemukjizatan al-Quran; bisa dihafal oleh siapa saja termasuk anak kecil, yang tidak paham Bahasa Arab (padahal al-Quran Bahasa Arab) sekalipun. Karena Allah telah menjaminnya, “Sungguh Allah telah memudahkan al-Quran untuk peringatan. Adakah yang mau mengambil pelajaran?” (al-Qamar: 17)

Pertanyaanya kemudian, adakah keinginan untuk menghafalkan al-Quran? Jika ya...maka jangan lagi anda menunda-nunda, sekaranglah saatnya kuatkan niat, buat perencanaan dan komitmen. Karena modal paling utama anda menghafal al-Quran itu hanya dua: pertama, NIAT DAN TEKAD. Kedua, KONSISTENSI. Jika anda berniat maka tidak ada sesuatu yang mustahil di dunia ini (tentu dengan kehendak Allah). Apalagi bagi anda yang telah mengetahui dengan baik kedudukan dan urgensi al-Quran bagi kehidupan seorang muslim, terlebih bagi pada juru dakwah islam.

Jika anda telah membulatkan tekad, tentukan BERAPA LAMA ANDA INGIN MENGHAFAL AL-QURAN? tabel sederhana berikut barangkali bisa membantu anda:

Selamat menikmati indahnya hidup dengan memperbanyak interaksi dengan al-Quran !
(Heri Efendi)

comment 4 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu alaykum wr.wb. Pengertian saya membaca Tabel diatas adalah demikian: kalau hapalan perhari 15 ayat, berarti untuk bisa menghapal 30 zus memerlukan waktu 1 tahun, 2 bulan dan 1 hari. Apakah pengertian saya didtas betul? Terimakasih banyak atas perhatiannya, wassalamu alaykum wr.wb.

Tri Sudewo

Heri Efendi mengatakan...

Betul sekali pak Tri....

Anonim mengatakan...

jazaakumullohukhoiron...

armouris on 20 November 2011 00.49 mengatakan...

lagi info tentang al-Qur'an - Cara Menambahkan Pemahaman al-Qur'an Dengan Mudah

Posting Komentar

 
Powered by Blogger